Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah bersama Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan studi tiru pelaksanaan Jaring Pengaman Sosial di Kabupaten Sleman

04 September 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah bersama Dinas Sosial Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan studi tiru pelaksanaan Jaring Pengaman Sosial di Kabupaten Sleman. Tim Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah diterima oleh Bappeda Kabupaten Sleman dengan didampingi dari Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Sebagaimana diketahui bahwa UHC serting diartikan sama dengan cakupan kepesertaan semesta yang mempunyai pengertian bila seluruh penduduk Indonesia telah menjadi peserta JKN maka cakupan kesehatan semesta dianggap telah tercapai.

Padahal sebenarnya cakupan kesehatan semesta dinyatakan telah tercapai bila seluruh penduduk sudah memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, baik upaya promotif, preventif , deteksi dini, pengobatan, rehabilitatif dan paliatif tanpa terkendala masalah biaya. UHC jauh lebih kompleks dari sekedar kepesertaan jaminan pembiayaan kesehatan atau JKN. Cakupan Kesehatan Semesta juga sangat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang mentargetkan bahwa pada tahun 2030 tidak satupun orang yang tidak menikmati hasil pembangunan berkelanjutan (no one is left behind)..

Dalam rangka mewujudkan UHC, pmerintah Indonesia telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN/KIS) sejak 1 Januari 2014. Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).



ADMINISTRATOR