Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah bersama Tim Penyusun SAKIP Setdakab. Lampung Tengah melaksanakan studi tiru pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tengah ke Bappelitbang Kota Bandung

01 September 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah bersama Tim Penyusun SAKIP Setdakab. Lampung Tengah melaksanakan studi tiru pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung Tengah ke Bappelitbang Kota Bandung pada tanggal 11 Agustus 2023. Tim Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah disambut oleh kepala BIdang Perencanaan Makro Bappeda Kota Bandung. Tujuan dilaksanakan studi tiru tersebut dalam rangka peningkatan nilai SAKIP Kabupaten Lampung Tengah menuju predikat A pada akhir RPJMD

Sebagaimana diketahui bahwa Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh seluruh instansi pemerintah tidak boleh hanya dipandang sebagai kewajiban. Lebih dari itu, SAKIP seharusnya disadari sebagai kebutuhan mendasar untuk meningkatkan kinerja.  SAKIP sebagai alat bantu yang digunakan Kementerian PANRB untuk memastikan setiap instansi pemerintah dapat mempertanggungjawabkan manfaat atau hasil atas setiap rupiah dari anggaran yang mereka gunakan. Menurut Ronald, SAKIP bisa membantu untuk memastikan instansi pemerintah dalam menerapkan anggaran berbasis kinerja.

Dalam pemaparannya, Kabid Perencanaan Makro Bappeda KOta Bandung mengibaratkan SAKIP dengan kegiatan sederhana yakni menyikat gigi. Menyikat gigi akan tetap dilakukan seseorang meskipun tidak ada perintah atau aturan yang mengikat. Ini karena, orang tersebut sadar bahwa sikat gigi adalah untuk kebaikan dirinya.

“Seperti yang saya ibaratkan dengan menyikat gigi, kedepan kita berharap pemda tidak lagi rule based, artinya nantinya tidak ada lagi perbaikan yang baru akan dilaksanakan jika ada perintah atau ada aturannya,” imbuhnya.

 



ADMINISTRATOR