Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah mendampingi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lampung Tengah membuka pelaksanaan Bimbingan Teknik Bagi Petugas Pengelola Data Statistik Sektoral Kabupaten Lampung Tengah

28 November 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah mendampingi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lampung Tengah membuka pelaksanaan Bimbingan Teknik Bagi Petugas Pengelola Data Statistik Sektoral Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023 Kamis, 30 November 2023 di Aula Siger Emas Lt. IV Pemdakab Lampung Tengah

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lampung Tengah, Dr. Candra Puasati, S.Pd. M.Pd. dalam sambutan menyampaikan apresiasi kepada Petugas Pengelola Data Statistik Sektoral Kabupaten Lampung Tengah  atas keikutsertaan Bimbingan Teknis .


Pengelolaan data statistik sektoral harus dilakukan secara optimal dan kolaboratif, antara walidata dengan pengelola data statistik sektoral di masing-masing perangkat daerah. Untuk itu perlu upaya peningkatan penyusunan data statistik salah satunya dengan meningkatkan skill dan kemampuan para pengelola statistik sektoral.

Selain itu, diperlukan juga kesadaran dan partisipasi aktif dari perangkat daerah dalam hal penyediaan data sektoral. Sebab, data yang akurat dapat dijadikan sebagai bahan dalam pengambilan kebijakan dalam menentukan perencanaan dan program-program strategis yang tepat sasaran, karena berbasis oleh data yang akurat.

Dr. Candra Puasati, S.Pd. M.Pd. berharap, melalui kegiatan ini kita sama-sama dapat menghasilkan basis data yang akurat, mutakhir, akuntabel dan dapat diakses secara bersama, serta dapat meningkatkan kapasitas mutu statistik daerah yang terintegrasi. Karena suka tidak suka untuk mewujudkan satu data indonesia, kedepan kita harus melakukan transformasi data secara menyeluruh.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola statistik sektoral dalam upaya peningkatan penyusunan data statistik sektoral di Kabupaten Lampung Tengah. Guna mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, akuntabel dan dapat diakses secara bersama, serta dapat meningkatkan kapasitas mutu statistik daerah yang terintegrasi. Kedepan diharapkan perangkat daerah memiliki manajemen dan pengelolaan yang baik.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Narasumber dari Fungsional Statistisi Ahli Muda BPS Provinsi Lampung, Perencana Ahli Muda Bappeda Lampung Tengah, Para Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah kabupaten Lampung Tengah dan dinas terkait

 



ADMINISTRATOR