Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah mengikuti Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Sensus Pertanian Tahun 2023

21 November 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah bersama Perangkat Daerah terkait dan BPS Kabupaten Lampung Tengah mengikuti Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Sensus Pertanian Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Lampung di Hotel Radisson Bandar Lampung, pada tanggal 16-17 November 2023. 

Kepala BPS Provinsi Lampung dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sensus Pertanian 2023 merupakan momentum peningkatan desain kebijakan strategis pembangunan pertanian Nasional yang dilakukan demi mewujudkan salah satu misi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045 yaitu “Transformasi Ekonomi” di mana Peningkatan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani menjadi salah satu kunci transformasi ekonomi. Lebih lanjut, kolaborasi BPS lakukan dengan Dirjen Dukcapil, Kementan, Perguruan Tinggi (Akademisi), Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK), dan juga menggunakan data regsosek, akan menghasilkan basis data Satu Pertanian Indonesia.

Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan ST2023 dilaksanakan untuk membahas tabel Hasil Pencacahan Lengkap ST2023 (tahap I) level kab/kota dengan melibatkan BPS Pusat, BPS Provinsi, BPS Kabupaten Kota, serta K/L Pusat dan OPD, dengan agenda Diseminasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 (Tahap I) akan diriilis pada tanggal 4 Desember 2023 dengan 8 indikator dan 31 tabel. Selanjutnya pada Tanggal 20 November data akan dikunci (tidak bisa diubah lagi), sehingga sesuai arahan pimpinan BPS, Angka hasil ST2023 yang akan dirilis harus sudah dicermati bersama-sama, tidak hanya oleh Kepala BPS Prov/Kako saja atau Ketua Tim Pelaksana ST2023 saja, tetapi seluruh Tim harus ikut mencermati dan bertanggung-jawab. Perhatikan juga keterbandingan dengan PDRB dan angkatan kerja Hasil Sakernas.

Kepala BPS Provinsi Lampung menekankan kepada peserta workshop untuk memastikan semua angka sudah sesuai dengan data hasil lapangan dan hasil olah, tabulasi yang digunakan merupakan hasil data final (tabulasi final), tambahkan informasi kondisi tanggal data jika perlu, keterbandingan dengan hasil ST2013 dapat dijelaskan, dukung dengan fenomena, justifikasi, dan bahan pendukung/data pembanding lainnya,  kolaborasi dan koordinasi dengan Dinas &/OPD terkait  fenomena peningkatan &/ penurunan data hasil ST2023 dan perhatikan serta pastikan konsistensi angka jumlah &/ agregat antar tabel sudah benar. Muara dari semua itu pada akhirnya, data-data yang dihasilkan tersebut diharapkan akan menjawab tagline ST2023.

Selanjutnya, Diseminasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 (Tahap II) akan merilis tabel lengkap pada tanggal 15 April 2024. Data hasil ST2023 akan diberikan ke Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, akan diberikan sampai ke data by name by address sehingga mencakup data sampai level desa.



ADMINISTRATOR