Berita

Bappeda kabupaten Lampung Tengah menyelenggarakan FGD Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045 dengan Tema " Transformasi Ekonomi Menuju Lampung Tengah Maju"

13 September 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah menyelenggarakan FGD dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045 dengan tema "Transformasi Ekonomi Menuju Lampung Tengah Maju", yang dilaksanakan di BBC Hotel Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah, pada tanggal 13 September 2023. Kepala Bappeda mewakili Bupati Lampung Ttengah memberikan sambutan sekaligus membuka FGD tersebut. Hadir dalam FGD tersebut diantaranya Perwakilan dari Bappeda Provinsi Lampung, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, Akademisi dari Universitas Lampung dan STIPER Dharrma Wacana Metro, Tokoh Masyarakat, Tokoh Komunitas dan Pelaku Usaha di Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam sambutan Bupati, yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah menekankan bahwa Pembangunan ekonomi Lampung Tengah selama 20 tahun ke depan akan menghadapi perubahan besar yang menuntut adanya sebuah transformasi ekonomi. Beberapa perubahan besar diantaranya perubahan struktur penduduk, kemajuan teknologi, perubahan iklim, dan orientasi ekspor bernilai tambah tinggi.

Tranformasi ekonomi akan membuat daerah dan masyarakat beradaptasi terhadap perubahan tersebut dengan cara mengubah model ekonomi yang ada saat ini menjadi lebih efisien dan produktif, sehingga memperkuat sektor-sektor ekonomi yang potensial untuk tumbuh dan berkembang.

Transformasi ekonomi secara bertahap akan mengubah struktur ekonomi dari berbasis komoditas bernilai tambah rendah menjadi berbasis pada industri yang bernilai tambah tinggi dengan didukung oleh teknologi dan inovasi sehingga lebih produktif, efisien dan berdaya saing tinggi.

Transformasi ekonomi dilakukan melalui berbagai kebijakan pemerintah dan reformasi struktural, termasuk pengembangan sektor ekonomi, terutama industri manufaktur dan pertanian, penerapan transformasi hijau dan biru, penerapan teknologi informasi, investasi dalam riset dan inovasi, serta didukung pembangunan infrastruktur.

Transformasi ekonomi tidak bisa terjadi dengan cepat dan mudah, sehingga diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak tidak hanya pemerintah, tetapi juga sektor swasta, masyarakat, dan lembaga pendukung lainnya untuk menjamin pertumbuhan yang tinggi dan inklusif.

Mengingat Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi alam dan manusia yang sangat luar biasa, lokasi yang sangat strategis di jalur perlintasan barang/jasa dan terdapat beberapa Program Strategis Nasional maupun Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Tengah, diharapkan dalam FGD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Masukan dan saran yang membangun sangat dibutuhkan bagi proses penyusunan dokumen Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045



ADMINISTRATOR