Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Menyelenggarakan FGD Ranwal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah

07 November 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Awal (Ranwal) RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045 yang diselenggarakan di Hotel BBC Bandar Jaya pada tanggal 07 November 2023. Pelaksana Tugas Sekretaris Bappeda mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah membuka acara FGD tersebut. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Perwakilan Bappeda Provinsi Lampung, Pejabat Teknis dan Perencanaan Perangkat Daerah se-Kabupaten Lampung Tengah,  dan Akademisi dari Universitas Lampung.

FGD ini bertujuan untuk mematangkan konsep Ranwal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah yang telah disusun oleh Tim Bappeda Kabupaten Lampung Tengah dengan meminta dukungan saran dan masukan dari para peserta FGD. Salah satu saran yang diperoleh pada acara tersebut disampaikan oleh Perwakilan Bappeda Provinsi Lampung yaitu mengenai menjaga keselarasan antara dokumen Rancangan Akhir RPJPN, Ranwal RPJPD Provinsi Lampung dan RanwaL RPJPD Kabupaten Lampung Tengah, arah kebijakan dalam menyikapi bonus demografi dan aging populasi, kelestarian sumber daya air dan proyeksi-proyeksi kebutuhan layanan dasar di Kabupaten Lampung Tengah.

Beberapa Perangkat Daerah juga menyampaikan saran dan masukan, diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup yang menyampaikan usulan agar proyeksi kebutuhan pengelolaan sampah tingkat Kabupaten Lampung Tengah dapat dimasukkan dalam Ranwal RPJPD dan juga penataan kawasan perkotaan, khususnya Ibukota Gunung Sugih yang pengembangan dan penataanya perlu diperhatikan. Usulan juga disampaikan dari Dinas DKPTPH yaitu agar dimasukkan juga proyeksi rasio ketersediaan pangan Kabupaten Lampung Tengah, mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah dan potensi ancaman ketersediaan pangan yang menurun seiring menurunnya luas areal tanaman pangan.  

 



ADMINISTRATOR