Berita

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Menyelenggarakan FKP Ranwal RKPD 2024

15 Februari 2023 ADMINISTRATOR

Bappeda Kabupaten Lampung Tengah menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal RKPD Tahun 2024, yang dilaksanaka pada tanggal 15 Februari 2023 di Aula Siger Emas Kantor Bupati Lampung Tengah. Forum tersebut dimoderatori oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab. Lampung Tengah, dengan narasumber Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah dan Kepala BPS Kabupaten Lampung Tengah. Forum tersebut dilaksanakan dengan metode hibrid (tatap muka dan melalui Virtual Meeting), dengan peserta forum meliputi Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan Para Pemangku Kepentingan Pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan mengutarakan pesan Bupati Lampung Tengah dengan ringkasan bahwa dari forum ini akan diperoleh saran dan masukan dari peserta dan pemangku kepentingan, agar proses perencanaan pembangunan dapat semakin sempurna. Kesempurnaan perencanaan pembangunan diharapkan semakin mendekatkan pada pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yaitu Mewujudkan Rakyat Lampung Tengah Berjaya.

Asisten juga menyampaikan bahwa haluan kebijakan pada tahun 2024 telah ditetapkan pada upaya “pembangun ekonomi kerakyatan didukung sumberdaya manusia yang berdaya saing”. Sedangkan prioritas yang diarahkan pada ; (1) Pemerataan kualitas sarana dan prasarana wilayah dan pelestarian lingkungan hidup; (2) Pengembangan potensi ekonomi unggulan dan investasi daerah; (3) Pemantapan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, (4) Peningkatan kualitas pelayanan public dan tata kelola pemerintahan dan (5) Peningkatan kondisvisitas wilayah dan kerukunan umat beragama.

Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah dalam forum tersebut, memaparkan capaian pembangunan 2022 serta memaparkan isu dan permasalahan yang dihadapi dalam perencanaan pembangunan tahun 2024 serta menyusun strategi mengatasi permasalahan pembangunan tersebut. Kepala Bappeda juga menyampaikan bahwa target pembangunana 2024 yang ingin dicapai diantaranya; (1) Angka Kemiskinan sebesar 10,7%-10,5%; (2) IPM sebesar 71%-71,5%; (3) Tingkat Pengangguran sebesar 3,4%-3,1%, (4) Indeks Gini sebesar 0,288-0,282; (5) Rasio Kemandirian Fiskal sebesar 8,1%-8,4%; (6) Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5-5,3%; (7) Jalan Mantap sepanjang 933,6 KM; (8) IKLH sebesar 63%-63,5%.

Pada akhir forum tersebut, dilaksanakan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil FKP Ranwal RKPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 yang dilakukan oleh beberapa perwakilan dari Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Tengah.

 



ADMINISTRATOR