Berita

KABUPATEN LAMPUNG TENGAH MASUK 10 BESAR NOMINASI PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH TINGKAT NASIONAL

18 Maret 2024 ADMINISTRATOR

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional oleh Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama Bappenas di Hotel BBC Bandar Jaya, pada tanggal 18 Maret 2024. Hal tersebut sebagai tindaklanjut dari Surat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor : T-04193/D.9/ME.02.05/03/2024 tanggal 08 Maret 2024 yang menerangkan bahwa Kabupaten Lampung Tengah masuk dalam 10 besar Tingkat Nasional pada penilaian PPD.

Bupati Lampung Tengah, Hi. Musa Ahmad, S.Sos, MM, beserta segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah menyambut langsung kedatangan Tim Penilai Tahap II PPD Bappenas. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih semua pihak atas kesempatan Kabupaten Lampung Tengah untuk meraih PPD Tingkat Nasional. Dalam acara tersebut, Bupati menjelaskan bahwa pada penilaian Tahap 2 PPD Tingkat Nasional akan dilaksanakan kegiatan verifikasi dan wawancara penyusunan perencanaan Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 dan pelaksanaan inovasi unggulan Kabupaten Lampung Tengah, yiatu Program Bunga Kampung Mekar Di Dusun.

Pada acara ini, Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah, Imam Fatkuroji, S.STP, M.I.P., memaparkan rangkaian capaian pembangunan Kabupaten Lampung Tengah tahun 2023, diantaranya Laju Pertumbuhan Ekonomi yang mencapai 4,7%,  Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten tertinggi di Provinsi Lampung yaitu 73.39, kinerja Indeks Gini yang terus meningkat yaitu sebesar 0.285, Angka Kemiskinan yang terus menurun yaitu 10,65% , Tingkat Pengangguran Terbuka juga terus menurun yang mencapai 3,25%.

Disamping itu, disampaikan pula serangkaian penghargaan pembangunan yang berhasil di raih di tahun 2023, diantaranya  Penghargaan Adhikarya Pratama Pembangunan Pertanian dari Wakil Presiden, Penghargaan atas Konstribusi dan Kerja Keras Membina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa dari Kemendesa PDTT RI, Penghargaan kategori pemerintah daerah dengan sub kategori pencegahan tiga dosa besar pendidikan dari Kemendikbud RI, Penghargaan sebagai Pembina Desa Terbaik Regional Sumatera Tahun 2023 dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian dalam Negeri RI, Penghargaan Terbaik Pertama dari Menteri Kominfo terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik khususnya bidang pelayanan perizinan online (siCantik Cloud), Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dengan Kategori Madya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan masih banyak lagi penghargaan yang diraih.

Berkaitan dengan penilaian inovasi Bunga Kampung Mekar Di Dusun, dijelaskan bahwa program tersebut sebagai upaya untuk memberikan pelayanan publik yang sangat dekat masyarakat di seluruh Kabupaten Lampung Tengah, sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan publik dengan mudah dan cepat, tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga, waktu dan biaya.

Sebagaimana diketahui bahwa Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan bagian dari kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah. Pemerintah Pusat memberikan apresiasi kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta inovasi pembangunan dengan baik.

Kegiatan PPD ini sebelumnya dikenal dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN), yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Mulai tahun 2018, APN berubah nama menjadi PPD yang penilaiannya tidak hanya pada aspek perencanaan, namun juga meliputi pencapaian pelaksanaan pembangunan. Kegiatan PPD dikoordinasikan oleh Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas.



ADMINISTRATOR