Berita

Koordinas dan Konsultasi Pengembangan Sektor Peranian dan Kelembagaan Pertanian dalam Penanganan Kemiskinan.

07 Agustus 2024 ADMINISTRATOR

Kepala Bappeda kabupaten Lampung Tengah melakukan Kegiatan Koordinasi dan Konsultasi Pengembangan Sektor Pertanian dan Kelembagaan Pertanian dalam Penanganan Kemiskinan ke Balai Besar Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian Ciawi Bogor, Rabu (7/8/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, petani, dan berbagai lembaga terkait guna mengembangkan sektor pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan. Dalam kegiatan ini, dilakukan diskusi mendalam dengan Ir. Susanto, M.M., QIA. mengenai strategi peningkatan hasil pertanian, optimalisasi penggunaan teknologi pertanian, dan penguatan kelembagaan pertanian.

Kegiatan ini juga melibatkan konsultasi untuk merumuskan kebijakan yang efektif dalam mengatasi masalah kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi pertanian. Fokus utama adalah meningkatkan kesejahteraan petani, menciptakan lapangan kerja, dan memastikan ketahanan pangan.

Penanganan kemiskinan di Lampung Tengah dilakukan melalui penerapan manajemen pemerintahan yang terstruktur dan transparan, memastikan setiap program pengentasan kemiskinan direncanakan dan dievaluasi dengan baik. Pendekatan pengawasan berbasis risiko digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelola potensi hambatan, memungkinkan tindakan cepat dan tepat dalam mengatasi masalah. Selain itu, integrasi pendekatan gender memastikan kesetaraan akses dan pemberdayaan perempuan, sehingga program-program pengentasan kemiskinan menjadi lebih inklusif dan memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta solusi inovatif dan implementatif yang dapat diterapkan di lapangan untuk mendukung pembangunan pertanian yang lebih maju dan berkontribusi langsung terhadap pengentasan kemiskinan di daerah pedesaan.



ADMINISTRATOR