Berita

Kunjungan Kerja Dari Kabupaten Sawah Lunto Provinsi Sumatera Barat.

24 Juli 2024 ADMINISTRATOR

Bupati Lampung Tengah diwakili Pj. Sekda bapak Drs. Kusuma Riyadi, M.M. membuka acara Kunjungan Kerja Dari Kabupaten Sawah Lunto Provinsi Sumatera Barat, Rabu 24 Juli 2024 bertempat di Aula Siger Mas Lantai 4 Kabupaten Lampung Tengah. Acara ini dihadiri oleh BAPPEDA, Dinas PMK, Dinas Perindustrian, Dinas Bunak & Perikanan, Dinas Koperasi UKM & Perdagangan, Bagian Tapem, Bagian Protokol & Kompim, Bagian Umum, Camat, Terbanggi Besar, Camat Bangun Rejo, Camat Kota Gajah, Camat Seputih Agung, Kepala Kampung Bangun Rejo, Kepala Kampung Karang Endah, dan Kepala Kampung Kota Gajah.

Acara di lanjutkan dengan pemaparan dari kepala Badan Peerencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Bapak Imam Fatkuroji,S.STP., M.I.P. Dalam Paparannya Kepala BAPPEDA menyampaikan paparan tentang “Expose Kabupaten Lampung Tengah Studi Komperatif Dan Pembelajaran Lpm Kota Sawahlunto Tahun 2024”, yang berisikan profil dan informasi mengenai Lampung Tegah.

Setelah paparan, dilanjutkan dengan tanya jawab, terdapat 3 penanya terpilih. Salah satu pertanyaan dari Pak Harnis dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kubang Sirakuk, pertanyaanya terkait dengan

“Berapa dana kelembagaan untuk kampung, karena terdapat 311 (301 desa 10 kelurahan), apakah alokasi anggarannya seragam? Serta trik dari pemerintah bisa berprestasi?”

Pertanyaan di tanggapi langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Imam Fatkuroji,S.STP., M.I.P.

“Secara alokasi keseluruhan, lebih dari 17% dari APBD untuk penguatan LPM. 460 Milyar untuk kampung

Adapun trik pemerintah, tidak lepas dengan strategi Bupati yaitu:

  1. Digitalisasi pemerintah desa berkonsentrasi di Satu Desa Indonesia. Terbaik Smart Village
  2. Pendekatan partisipatif dan pemberdayaan masyarakat. Progam unggulan. Sekolah peternakan karya yg dibekali kurikulum tertentu yg di bina oleh IPB.
  3. Digerakan oleh KWT.
  4. Mendorong pelayanan desa (bunga kampung)”.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata, Penyerahan cinderamata ini bukan hanya sebagai simbol penghargaan, tetapi juga sebagai tanda terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas kerjasama dan dedikasi yang telah diberikan. Semoga cinderamata ini dapat menjadi kenang-kenangan yang berharga dan mempererat hubungan baik di masa depan.



ADMINISTRATOR