Berita

TIM PENILAI BAPPENAS MELAKUKAN KUNJUNGAN LAPANGAN BUNGA KAMPUNG

19 Maret 2024 ADMINISTRATOR

Selasa, 19 Maret 2024, Tim Penilai dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengunjungi Kampung Pujokerto Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah untuk melihat langsung pelayanan Bunga Kampung. Kunjungan lapangan ini adalah untuk memastikan terlaksananya Bunga Kampung dan melakukan verifikasi dampak dari Bunga Kampung untuk masyarakat pada pembangunan daerah yang ada di Lampung Tengah ini.
Bunga kampung sendiri bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini mendapat respon positif dari Dr. Ir Rachman Hidayat Msc, selaku Tim Penilau Utama Bappenas, beliau menanggapi, “Ini luar biasa. Mungkin di DKI (Jakarta) pun tidak ada,”. Tim Bappenas menilai bahawa Bunga Kampung sangat efisien baik dalam segi waktu dan biaya transportasi untuk masyarakat.Kepala Bappeda Lampung Tengah, Imam Fatkuroji, S. STP., M.IP menjelaskan bahwa verifikasi lapangan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Lampung Tengah memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Lampung, penurunan kemiskinan yang Baik, dan Indeks Gini yang mendekati satu. “Mereka turun karena melihat indeks pembangunan manusia kita tertinggi di Lampung, angka penurunan kita cukup baik. Ini salah satu dasar penilaian bappenas memutuskan Lampung Tengah layak masuk 10 besar Innovative Government Award (IGA). Untuk hasil kita serahkan kepada tim penilai dari Bappenas,” jelas Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Bapak Imam Fatkuroji, S. STP., M.IP.
Adapun pelayanan yang ada pada Bunga Kampung pada hari ini antara lain pelayanan kesehatan, disdukcapil, izin usaha, pelayanan KIA, dan pendataan catatan nikah atau memperbaharui Akta Lahir, Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah dan lain-lain.



ADMINISTRATOR