Berita

Rapat Koordinasi Pelaksanaan EPSS Tahun 2024

22 April 2024 ADMINISTRATOR

Senin 22 April 2024

Bappeda melaksanakan rapat persiapan Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di Aula Bappeda yang dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait yaitu, Badan Pusat Statistik, Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam rapat tersebut membahas tentang persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang akan dilaksanakan oleh 6 PD. EPSS merupakan proses bisnis pembentukan penyusunan produk statistik Perangkat Daerah, dari perencanaan hingga pelaksanaan dengan memperhatikan kaidah-kaidah statistik sebagaimana diatur dalam Peraturan BPS Nomor 3 Tahun 2023 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Disampaikan dalam rapat beberapa arahan terkait pelaksanaan EPSS diantaranya arahan dari Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo,

  • Data yang harus dievaluasi adalah data sektoral yang berisi data dan informasi kegiatan dan kebutuhan data Pemerintah Daerah.
  • OPD harus mengisi data yang dibutuhkan masing-masing dinas, sehingga setidaknya sudah ada 6 OPD yang datanya bisa dilihat oleh tim penilai pusat.

Selain arahan dari dinas Kominfo, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah juga menyampaikan Arahan, yaitu

  • BPS akan membantu pelaksanaan EPSS tahap 2 agar nilai yang didapatkan di tahun 2023 bisa meningkat dari 1,82 dengan predikat Cukup menjadi nilai 2,6 agar berpredikat Baik.
  • EPSS sebagai tolak ukur kolaborasi statistik di Kabupaten Lampung Tengah.

Pada akhir rapat disampaikan agenda lanjutan berupa pertemuan yang dilaksanakan setiap minggu sampai dengan akhir Mei 2024. Pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi antar Perangkat Daerah, Walidata, BPS dan Koordinator EPSS yang membahas 5 domain dan 39 indicator, serta bukti dukung masing-masing OPD yang akan di-upload di SIMBATIK. 



ADMINISTRATOR